Awas! 4 Kebiasaan Buruk Ini Bikin Kopling Mobil Cepat Rusak

Salah satu keuntungan melakukan Simulasi Cicilan Kredit Mitsubishi adalah Anda jadi tahu perkiraan uang yang harus disiapkan jika ingin mengajukan kredit kendaraan. Nah, jika ternyata tabungan Anda sudah cukup untuk membayar DP, maka Anda tinggal mengajukan pinjaman dan menunggu mobil impian Anda diantar ke rumah beserta dokumennya.


Namun, setelah mobil tersebut resmi menjadi milik Anda, maka tentu saja tanggung jawab perawatan berada di tangan Anda, termasuk perawatan kopling. Selain memerhatikan perawatan komponen ini, ternyata cara Anda berkendara turut serta memengaruhi keawetan komponen ini, loh!


  1. Kebisaan Buruk yang Membuat Kopling Tidak Awet

Sebagian orang mungkin menganggapnya sepele, tapi jika diabaikan, kondisi kopling mobil Anda bisa cepat rusak.


·         Menginjak dan Melepas Kopling dengan Kasar


Dilansir dari Inews, kebiasaan menginjak dan melepas pedal kopling secara kasar dapat menimbulkan kerusakan pada komponen tersebut. Untuk menghindari kerusakan pada kopling, sebaiknya jangan mengangkat pedal kopling sebelum gigi berpindah.


·         Menginjak Setengah Kopling


Kebiasaan lain yang bisa memperburuk kondisi adalah menginjak setengah kopling. Kebiasaan ini biasanya dilakukan saat terjebak macet atau di jalanan menanjak. Sebenarnya jika Anda hanya berhenti sebentar di jalan menanjak, seperti saat mengambil tiket untuk masuk area parkir, hal ini tidak masalah dilakukan. Namun jika terlalu sering akan membuat kopling cepat aus. 


·         Posisi Gigi Tidak Sesuai dengan Percepatan Mobil


Gigi transmisi yang tidak sesuai dengan percepatan mobil juga bisa mempercepat kerusakan pada kopling. Tidak hanya itu saja, hal ini juga bisa merusak komponen lain yang berkaitan dengan persneling.


·         Terlalu Sering Menginjak Kopling


Kebiasaan terakhir yang harus dihindari agar kondisi kopling tidak cepat rusak adalah terlalu sering menginjak kopling. Hal ini dapat menyebabkan bantalan rilis dan pelat kopling aus. Oleh karena itu, jangan terlalu sering menginjak kopling kecuali memang dibutuhkan.


  1. Macam-macam Kerusakan Pada Kopling

Berikut ini beberapa jenis kerusakan yang sering terjadi pada kopling mobil bertransmisi manual, seperti dilansir dari Otomotif.kompas.


·         Slip Kopling


Slip kopling terjadi karena keausan pada permukaan pelat kopling atau terdapat gemuk dan minyak di bagian pelat kopling. Kondisi ini menyebabkan kopling tidak sempurna memindahkan tenaga dari mesin. Akibatnya, mobil tidak dapat melaju dengan cepat dan bahan bakar menjadi boros.


·         Getaran atau Gesekan Kasar


Komponen kopling yang tidak berhubungan secara halus dapat menyebabkan getaran atau gesekan menjadi kasar, sehingga mobil seolah bergetar. Kondisi ini disebabkan plat kopling atau flywheel yang tidak rata.


Nah, itu tadi kebiasaan buruk dan macam-macam kerusakan pada kopling yang harus Anda ketahui. Dengan memahaminya maka Anda bisa menghindari kebiasaan buruk tersebut sehingga kopling mobil lebih awet.

Posting Komentar

0 Komentar